Menjadi Sarjana Ekonomi Berkualitas dan Kompetitif, Di STIEHID Saja!

Menjadi Sarjana Ekonomi Berkualitas dan Kompetitif, Di STIEHID Saja!by Anchal Stevanoon.Menjadi Sarjana Ekonomi Berkualitas dan Kompetitif, Di STIEHID Saja!Pada dasarnya setiap sarjana harus bisa memberikan sumbangsih pemikiran maupun tindakan di bidang yang menjadi konsen studinya. Pada konteks ini, sejatinya, kian meningkatknya jumlah sarjana bidang ekonomi akuntansi hendaknya meningkatkan mutu dan kualitas dari praktik ekonomi akuntansi. Menjadi seorang sarjana berarti sudah memiliki bekal ilmu yang memadai. Tugas dari seorang sarjana adalah menerapkan ilmu yang […]

IMG_7205Pada dasarnya setiap sarjana harus bisa memberikan sumbangsih pemikiran maupun tindakan di bidang yang menjadi konsen studinya. Pada konteks ini, sejatinya, kian meningkatknya jumlah sarjana bidang ekonomi akuntansi hendaknya meningkatkan mutu dan kualitas dari praktik ekonomi akuntansi.

Menjadi seorang sarjana berarti sudah memiliki bekal ilmu yang memadai. Tugas dari seorang sarjana adalah menerapkan ilmu yang sudah didapatkannya di bangku kuliah untuk mengabdi kepada masyarakat.

Menjadi seorang akonom atau akuntan merupakan idaman banyak orang. Seperti yang kita ketahui, menjadi seorang akuntan itu pasti akan mendapatkan pekerjaan yang layak. Salah satu yang menjadi motivasi seseorang mengenyam pendidikan akuntansi adalah untuk menjadi seorang akuntan yang sukses, karena akuntan pasti akan selalu dibutuhkan oleh perusahaan. Untuk urusan pendapatan, tentu saja sarjana akuntansi akan menerima bayaran yang sangat menggiurkan.

Tetapi harus diingat, menjadi sarjana bukan berarti perjuangan sudah berhenti sampai di sini. Tanggung jawab seorang sarjana itu sangatlah besar, bukan hanya untuk kepentingan diri sendiri, tetapi juga kepentingan masyarakat. Sarjana yang akan bekerja berarti memberikan sumbangsih pikiran, tenaga, dan kinerjanya untuk kemajuan bersama. Sarjana yang telah dicetak oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia sudah banyak, tetapi masih banyak yang belum bisa menjawab tantangan di era globalisasi.

Salah satu sektor yang memegang peranan cukup berarti dalam kemajuan bangsa adalah sektor ekonomi. Para ekonom dan akuntan diharapkan akan mampu mendongkrak kemajuan perekonomian bangsa. Menjadi sarjana akuntansi tidak untuk diri sendiri, tetapi untuk kemaslahatan umum. Tantangan bisnis yang terus meningkat di tengah persaingan bebas globalisasi memaksa para sarjana untuk berpikir keras bagaimana meningkatkan mutu kinerjanya. Jangan sampai kalah bersaing dengan para sarjana dari luar negeri, teruama sarjana akuntansinya.

Masih banyak yang menjadi pekerjaan rumah bagi sebagian sarjana akuntansi, di antaranya adalah bagaimana meningkatkan praktik akuntansi yang baik di mata dunia. Sarjana yang baik itu adalah mampu menyeimbangkan antara kemampuan kognisinya dengan etika yang berlaku. Jangan sampai bekerja atau menjadi akuntan hanya untuk mengeruk keuntungan semata tanpa mengindahkan etika. Memiliki etika yang baik ini juga merupakan tantangan yang harus dipertahankan oleh seorang sarjana.

Kinerja yang baik menjadi perhatian penting untuk para sarjana akuntansi, terutama sekali dalam membuat laporan keuangan perusahaan. Laporan keuangan perusahaan sangat rentan dengan penyelewengan atau dimanipulasi. Jika seorang sarjana melakukan penyelewengan laporan keuangan, akan berdampak buruk bagi citra perusahaan. Tentu saja hal ini tidak boleh terjadi dan dibiarkan begitu saja. Tantangan yang harus dilalui oleh seorang sarjana akuntansi sangatlah banyak, terutama dalam menghadapi persaingan globalisasi.

Tantangan terbesar sarjana ekonomi salah satunya adalah bagaimana turut memajukan profesi akuntansi Indonesia serta meningkatkan kemampuan ekonomo terapan yang terstandar. Namun, faktanya, banyak sarjana ekonomi yang setelah wisuda malah jadi pengangguran. Bingung dan bimbang mau kerja apa.

Kini, STIE Hidayatullah hadir untuk menjawab kecemasan tersebut. Tidak saja menghantar mahasiswa menjadi mahasiswa yang siap pakai pasca wisuda, tetapi juga menerapkan pendampingan yang bersifat pengkondisian khusus (housing college) khusus mahasiswa yang mendapat beasiswa.

Dalam program housing student atau mahasiswa yang berasrama mendapatkan keunggulan diantaranya: kampus yang kondusif, asrama representatif, materi kepesantrenan, diniyah, skill, dan lain sebagainya. Berminat? Segera daftarkan diri Anda dengan mengisi formulir di sini. Syarat dan ketentuan berlaku. (ain/cha)

Author: 

Admin

Related Posts