BEM STIE Gelar Seminar Rencana Strategi Membangun Kota Depok

BEM STIE Gelar Seminar Rencana Strategi Membangun Kota Depokby stiehidacidon.BEM STIE Gelar Seminar Rencana Strategi Membangun Kota DepokSecara umum perencanaan pembangunan  dan pelayanan publik oleh pemerintah daerah merupakan prioritas absolut yang mesti diutamakan dan didahulukan. Hal ini karena kedudukan perencanaan sangat strategis. Utamanya dalam menggapai keberhasilan pembangunan. oleh karena itu perencanaan mampu menjawab dua hal pokok, yaitu : tujuan yang hendak di capai dan metode yang relevan dan dinilai paling efektif untuk […]
Secara umum perencanaan pembangunan  dan pelayanan publik oleh pemerintah daerah merupakan prioritas absolut yang mesti diutamakan dan didahulukan. Hal ini karena kedudukan perencanaan sangat strategis. Utamanya dalam menggapai keberhasilan pembangunan. oleh karena itu perencanaan mampu menjawab dua hal pokok, yaitu : tujuan yang hendak di capai dan metode yang relevan dan dinilai paling efektif untuk mencapainya. Posisi perncanan semakin terasa penting dan mendesak ketika kondisi dan situasi terus menerus mengalami peubahan yang fundamental baik pada tingkat global, regional maupun nasional dan lokal.
     STIE (sekolah tinggi ilmu ekonomi) hidayatullah sebagai perguruan tinggi da’i pengkaderan mengasah intelektual idiologis ikut serta memberikan sumbangsih dalam membangun kota Depok dengan  menggelar seminar sehari ”Rencana Strategis Membangun Kota Depok” pada tanggal minggu 19 Juni 2011 di Aula Gedung serbaguna Walikota Depok, hadir sebagai pemateri Dr. Abdul Mannan, MM ketua STIE Hidayatullah depok, Hendro Prabowo Fakultas Psikologi Universitas Gunadarama Depok,  Khamind Wijaya (kepala BAPEDA) kota Depok.
      Seminar tesebut dihadiri sekitar 300 peserta diantaranya kepala camat sekota Depok yang terdiri dari 11 kecamatan, kepala lurah sekota Depok, kepala sekolah, pengurus dewan kemakmuran masjid (DKM), Mahasiswa Sejabodetabek dan profesional lainnya.
        Pembangunan daerah merupakan pemanfaatan sumber daya yang dimiliki untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang nyata baik dalam aspek ”pendapatan kesempatan kerja, lapangan usaha, akses terhadap lapangan berusaha, akses terhadap pengambilan keputusan kebijakan, berdaya saing, maupun penigkatan indeks pembangunan manusia” ungkap   kepala BAPEDA kota Depok yang mendapat presentasi awal. Ketua STIE Dr. Abdul Mannan menambahkan dalam penjelasannya untuk membangun kota depok yang lebih baik beliau menekankan pada ”peningkatan pendidikan keluarga dan masyarakat berdasarkan pada nilai-nilai agama”. Hal ini menuntut sebuah respon berupa perncanaan pembagunan yang jauh lebih cerdas dan strategis. Dalam kontes kota Depok yang di dalamnya menyimpan pontensi yang sangat besar untuk dikelola.
      Sedangkan Hendro Prabowo mengungkapkan begitu pentingnya pembangunan ruang publik sebagai salah satu tempat untuk melepaskan sebagian beban kerasnya kehidupan di kota besar termasuk kota Depok yang merupakan kota percontohan perumahan terbesar di indonesia sehinga ruang publik nyaris kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah. Coba kiota lihat kota-kota di luar negeri? Ujarnya.
     melalui seminar sehari tersebut sebagai wadah paling menungkinkan untuk mengajak masyarakat terlibat aktif dalam pembangunan kota depok yang lebih baik. Sehinga mampu menjawab perubahan-perubahan yang terjadi tampa meninggalkan identitas kebangsaan dan kenegaraan dengan orintasi mencapai visi dan misi kota depok secara utuh berdasarkan pada nilai-nilai Ke-Tuhan-nan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, Rencana Strategis membangun kota Depok menjadi suatu keniscayaan. Wallahu a’lma bissowab*  [admin/pphd]

Author: 

Related Posts